PROUD TO BE INDONESIAN, MAY ALLAH SWT ALWAYS SAVE AND BLESS INDONESIA....

Sunday, September 18, 2011

JARINGAN RAKSASA TEROWONGAN BAWAH TANAH

terowongan_zaman_batuJaringan terowongan bawah tanah dari Zaman Batu ditemukan membentang dari Skotlandia hingga Turki.
"Bukti-bukti keberadaan terowongan tersebut telah ditemukan di bawah ratusan permukiman zaman Neolitik di seluruh benua," kata arkeolog Jerman Heinrich Kusch yang memaparkan hal tersebut dalam bukunya Secrets of The Underground Door To An Ancient World.

Dalam buku itu, Heinrich menyebutkan bahwa banyaknya terowongan yang masih ada hingga saat ini sejak 12 ribu tahun lalu menjadi bukti betapa besarnya jaringan terowongan di masa itu. "Di Bavaria, Jerman, saja kami menemukan terowongan sepanjang 700 meter. Sementara di Styria, Austria, kami juga menemukan terowongan serupa sepanjang 350 meter," katanya.

Terowongan-terowongan tersebut berjumlah ribuan dan membentang dari Skotlandia hingga Mediterania. Terdapat ceruk dalam setiap terowongan yang di beberapa tempat berukuran cukup besar dan dilengkapi dengan tempat duduk, tempat penyimpanan, bahkan kamar. "Meski tidak semuanya tersambung, namun jika seluruhnya disatukan akan menjadi terowongan bawah tanah raksasa," jelas Heinrich.

Sebagian ahli meyakini jaringan terowongan tersebut merupakan jalan terlindung bagi manusia untuk menghindari predator. Sementara ahli lain meyakini, beberapa jaringan terowongan yang saling tersambung berfungsi seperti jalan raya zaman sekarang sebagai sarana mobilitas yang aman dari perang, kekerasan, bahkan cuaca di permukaan tanah.


Sumber: nationalgeographic.co.id,
             http://arkeologi.web.id/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...