PROUD TO BE INDONESIAN, MAY ALLAH SWT ALWAYS SAVE AND BLESS INDONESIA....

Friday, July 8, 2011

ARKEOLOGI KLASIK (MASA HINDU-BUDHA) dan MASA ISLAM DI INDONESIA

clip_image004
Foto 1. Beberapa Peninggalan Kepurbakalaan Masa
Pengaruh Hindu-Budha di Indonesia

Arkeologi Klasik adalah salah satu spesialisasi dari beberapa bidang spesialisasi dalam dunia penelitian arkeologi di Indonesia, berdasarkan waktu atau masa pengaruh kebudayaan tertentu. Arkeologi Klasik di Indonesia merupakan kajian arkeologi yang objek penelitiannya meliputi semua peninggalan purbakala yang mendapat pengaruh dari kebudayaan India, meskipun kenyataannya tinggalan-tinggalan purbakala tersebut berbeda jauh dari asalnya. Hal ini disebabkan adanya kehebatan dari nenek moyang kita dalam memadukan kebudayaan lokal dengan kebudayaan dari India.
Dalam Arkeologi Klasik, objek penelitiannya meliputi peninggalan dari masa Hindu-Budha, yang berupa Arca-arca, Bangunan Candi/Biara, serta Sejarah Sosial dan kebudayaan yang dipengaruhi oleh kebudayaan India (Agama, Sistem Pemerintahan, Perdagangan, dan lain-lain).
Tujuan dari penelitian bidang Arkeologi Klasik adalah mengungkapkan aspek-aspek kehidupan manusia masa pengaruh kebudayaan Hindu-Budha melalui peninggalan kepurbakalaannya yang berupa bangunan candi/biara, arca-arca, dan lain-lainnya.

ARKEOLOGI MASA ISLAM DI INDONESIA
Arkeologi Islam adalah salah satu spesialisasi dari beberapa bidang spesialisasi dalam dunia penelitian arkeologi di Indonesia, berdasarkan pembagian waktu atau masa pengaruh kebudayaan tertentu. Arkeologi Islam di Indonesia merupakan kajian arkeologi yang objek penelitiannya meliputi semua peninggalan purbakala yang mendapat pengaruh dari kebudayaan Islam baik dari Timur Tengah, Gujarat, ataupun Cina.
Dalam Arkeologi Islam, objek penelitiannya meliputi peninggalan dari masa Islam, yang berupa berupa Nisan Makam, Bangunan Mesjid, Bangunan Keraton, serta Sejarah Sosial dan kebudayaan yang dipengaruhi oleh kebudayaan Islam (Agama, Sistem Pemerintahan, Perdagangan, dan lain-lain).
Tujuan dari penelitian bidang Arkeologi Islam adalah mengungkapkan aspek-aspek kehidupan manusia masa pengaruh kebudayaan Islam melalui peninggalan kepurbakalaannya.
clip_image008
Foto 2. Beberapa bentuk peninggalan purbakala dari masa Islam
ARKEOLOGI EPIGRAFI DI INDONESIA
clip_image012
Foto 3. Beberapa peninggalan epigrafi yang berupa prasasti dari masa Klasik dan Islam
Arkeologi Epigrafi adalah salah satu spesialisasi dari beberapa bidang spesialisasi dalam dunia penelitian arkeologi di Indonesia. Arkeologi Epigrafi merupakan kajian arkeologi yang objek penelitiannya meliputi semua peninggalan purbakala yang berupa Inskripsi (Tulisan) kuno yang dituliskan pada batu, kayu, logam, daun lontar, naskah-naskah kuno, atau medium tulis lainnya, yang berasal dari masa lalu.
Dalam Arkeologi Epigrafi, objek penelitiannya meliputi peninggalan Prasasti, Naskah-naskah Kuno, dan tulisan kuno lainnya yang berasal dari masa Klasik (Hindu-Budha) dan masa Islam/Kolonial.
Tujuan dari penelitian bidang Arkeologi Epigrafi adalah mengungkapkan aspek-aspek kehidupan manusia masa lalu melalui penafsiran dari isi tulisan yang terdapat pada prasasti atau naskah-naskah kuno, data-data tersebut merupakan data kesejarahan masa lalu.

sumber : http://balai-arkeologi-medan.web.id/

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...